tag:

02 April 2008

ONE DAY IN SEPTEMBER

ditulis pada tanggal 10 Pebruari 2007

Title:
One Day in September
Documentary Feature

Director: Kevin Macdonald


Plot:
The 1972 Munich Olympics were interrupted by Palestinian terrorists taking Israeli athletes hostage. Besides footage taken at the time, we see interviews with the surviving terrorist, Jamal Al Gashey, and various officials detailing exactly how the police, lacking an anti-terrorist squad and turning down help from the Israelis, botched the operation.

Note:
Awalnya gue ngga begitu tertarik nonton dokumenter ini. Malah pernah ngga tertarik beli. Gue pikir udah cukup beli Munich untuk ditonton nanti. Tapi satu waktu bos gue di kantor beli dokumenter ini sambil comment, “Nonton ini dulu, baru nonton Munich.”
Gue pikir2 bener juga tuh!
Akhirnya gue beli juga film ini dan baru hari ini gue tonton.
Menurut gue dokumenter ini ini murni dibuat dari niat menceritakan kembali apa saja yang terjadi pada saat itu dengan tidak disertai keberpihakan pada salah satu sisi.
Berbagai sumber diwawancarai, termasuk wawancara eksklusif dengan satu2nya mantan pelaku penyanderaan yang masih hidup dan sembunyi di salah satu negara di Afrika. Wawancara eksklusif ini menjadi bahan penceritaan dari sisi teroris.
Salah satu hal yang menarik dari dokumenter ini bahwa gue jadi tau kalo Jerman pada waktu itu bisa melakukan kesalahan fatal dalam pemberitaan mengenai hasil penyergapan dalam peristiwa penyanderaan tersebut.
Hal yang lucu yang gue rasakan, koq rasanya seperti nonton Metro Files dalam bentuk panjang. :D
One hell of a documentary!

No comments: