tag:

07 July 2008

Musisiku

Judul:
Musisiku

Penulis:
Asriat Ginting, Chr Nasution, Denny Sakrie, Fauzi Djuanedi, Jose Choa Linge, Manunggal K Wardaya, Niantoro Sutrisno, Riza Sihbudi, Syamsuddin, Wasis Susilo

Editor:
Denny Sakrie

Penerbit:
Republika




Catatan:
Buku yang merupakan kompilasi dari berbagai tulisan di rubrik Oldies Goodies di salah satu harian besar di Indonesia sepertinya berusaha merangkum jejak-jejak musisi besar Indonesia. Tulisan-tulisan yang terangkum adalah buah karya penulis yang dalam tulisannya terlihat sekali sangat-sangat peduli dengan musik Indonesia.

Tulisan yang berisikan biografi musikal dari tokoh-tokoh dunia musik Indonesia. Dari yang multi talenta sampai pelestari budaya betawi. Dari akar musik rock sampai pop progresif 80-an. Dari pop santai sampai musikalisasi puisi religius. Tidak lupa juga fenomena musik Indonesia dari Koes Bersaudara, Koes Plus sampai ke Badai Pasti Berlalu.

Dalam kesederhanaannya buku ini cukup bisa memetakan ‘sejarah’ musik Indonesia sekalipun tidak terlalu setia dengan kronologi waktunya. Meski belum bisa dibandingkan dengan buku sejenis lainnya yang mengupas sejarah film dan sejarah bioskop di Indonesia, tapi buku ini sudah bisa merangkum tonggak-tonggak sejarah penting dalam perkembangan musik Indonesia.

No comments: