tag:

28 August 2008

CLOVERFIELD: Great Idea meets Great Promo



Title:
Cloverfield (2008)

Director:
Matt Reeves

Writer:
Drew Goddard

Casts:
Lizzy Caplan, Jessica Lucas, T.J. Miller, Michael Stahl-David, Mike Vogel, Odette Yustman

Plot:
During a surprise leaving party, the lights go out and the ground begins to shake. With explosions happening everywhere, the party-goers decide to leave the apartment. Accompanied by a hand-held video camera, Hud manages to capture on film the terrifying incidents that occur.

Note:
Film yang jadi trendsetter tahun 2008 ini emang sudah sejak lama memulai ‘promosi’nya secara gencar tapi tetep misterius. Tapi menilik nama JJ Abrams sebagai produsernya, gue ngga langsung tertarik mengingat gue ngga terlalu suka dengan style-nya di serial Lost dan film Mission Impossible 3 (gue belom nonton serial Alias). Saat sudah mulai ‘ketahuan’ cara visualisasi film ini yang beda, jujur aja sempet juga gue tertarik untuk segera nonton Cloverfield. Tapi akhirnya gue pikir lagi bahwa visualisasi kan ‘cuma’ salah satu dari banyak aspek dari sebuah film. Dan gue putuskan untuk tidak buru-buru nonton film ini.

Sampai akhirnya gue berkesempatan nonton film ini dalam format DVD di rumah. Begitu film ini mulai, gue berkesimpulan bahwa lebih pas nonton film ini di rumah dengan luas layar televisi secukupnya saja. Hal ini terkait dengan ‘tema’ film Cloverfield. Ngga kebayang betapa pusingnya nonton film ini di layar lebar.

Cloverfield cukup bisa bikin gue untuk tetep terus ngikutin sampe film ini selesai. Mungkin juga karena gue udah biasa betah nonton film-film dokumenter. Tapi gue mencatat beberapa dramatisasi cerita yang bikin film ini jadi ngga selaras dengan ‘tema’nya. Film ini jadi terasa ‘unreal’. Nah rasa ini langsung ngingetin gue dengan serial Lost yang menurut gue terlalu didramatisir. Mirip banget rasanya.

Dari sisi cerita, film ini ngga terlalu istimewa buat gue. Tapi untuk visualisasinya dan juga cara promosinya, gue salut banget!!! Sukses jadi trendsetter tahun 2008.

No comments: