tag:

09 December 2008

FORBIDDEN KINGDOM: Chinese Heroes United



Title:
Forbidden Kingdom

Director:
Rob Minkoff

Writer:
John Fusco

Casts:
Jet Li, Michael Angarano, Jackie Chan, Yifei Liu, Collin Chou, Juana Collignon, Morgan Benoit, Bingbing Li

Plot:
An American teenager who is obsessed with Hong Kong cinema and kung-fu classics makes an extraordinary discovery in a Chinatown pawnshop: the legendary stick weapon of the Chinese sage and warrior, the Monkey King. With the lost relic in hand, the teenager unexpectedly finds himself traveling back to ancient China to join a crew of warriors from martial arts lore on a dangerous quest to free the imprisoned Monkey King.

Note:
Gue yang ngga pernah mau kejebak film yang dipenuhi bintang-bintang ternama, memang sejak awal ngga terlalu tertarik nonton film ini. Tapi akhirnya sambil nganggur (dan bingung mau nonton film apa!) gue tertarik juga liat film ini. Dan gue ngga menyesalinya :D

Termasuk film yang ringan dari segi cerita. Plotnya seperti film-film kungfu lainnya yang berlatarkan mustika atau benda-benda magis kungfu lainnya. Dengan imbuhan special effect ala Hollywood, film ini jadi indah secara visual.

Tapi yang paling menarik film jadi ajang kumpul-kumpul jagoan perfilman kungfu. Jackie Chan dan Jet Lee tentunya sudah sejak lama menjadi nama besar di genre action kungfu. Ditambah kehadiran Yuen Woo Ping yang sudah kawakan dalam fighting choreography.

Belum lagi, film ini seperti menjadi rangkuman film-film kungfu jadul. Hampir semua jurus-jurus kungfu yang pernah gue liat di film-film kungfu old school ditampilan di sini, termasuk jurus Dewa Mabok!

Buat gue yang paling menyenangkan adalah adegan pertarungan Jackie Chan versus Jet Lee. Sekalipun bukanlah sebuah pertarungan puncak, apalagi pertarungan hidup-mati, gue menikmati banget pertarungan Wong Fei Hung versus Wong Fei Hung. Tokoh legendaris China ini sewaktu muda diperankan oleh Jackie Chan dalam film Drunken Master dan dalam kurun waktu perjuangan melawan bangsa Eropa diperankan oleh Jet Lee dalam serial film Kungfu Master.

Gue nyaris ngga memedulikan cerita film ini karena asyik terbuai romantisme film-film kungfu old school.

No comments: