tag:

09 December 2008

KITAB SALAHUDDIN: Novel yang Menyengangkan dan Menyenangkan

Judul:
Kitab Salahuddin : sebuah novel
Judul asli: The book of Saladin

Pengarang:
Tariq Ali; penerjemah, Anton Kurnia

Penerbit:
Jakarta : Serambi, 2006,

ISBN:
[979-16-0088-0]

Catatan:
Awalnya ngga tertarik dengan buku ini karena gue suka apriori dengan buku/tulisan mengenai tokoh-tokoh besar Islam, padahal gue sendiri Muslim. Tapi setelah baca resensinya dan tau bahwa ini adalah novel fiksi yang didasari kehidupan Sultan Salahuddin pada masa perebutan Yerusalem, gue langsung jadi amat sangat tertarik.

Cerita perebutan Yerusalem digambarkan sebagai perang politik kekuasaan, bukanlah perang antar agama (emang kenyataannya sih begitu). Oleh Tariq Ali dilukiskan bahwa semua golongan di Timur Tengah dengan tidak membeda-bedakan Suku, Agama dan Ras bahu-membahu merebut Yerusalem dari kekuasaan Imperialis Eropa. Tariq Ali dengan berani melukiskan kehidupan pada masa itu dengan segamblang-gamblangnya. Tanpa tedeng aling-aling, meskipun juga tidak vulgar, Tariq Ali berani mengisahkan Ahli Sastra Kesultanan adalah seorang homoseks!

Kepahlawanan Sultan Salahuddin digambarkan begitu megah dan hebatnya. Tidak ketinggalan dilukiskan juga segala kearifan seorang Sultan besar dengan segala sisi manusiawinya yang mungkinjarang disebut dalam tulisan-tulisan lain mengenai Beliau. Novel ini menjadikan gue semakin mengagumi Sultan Salahuddin (setelah sebelumnya mengagumi karakternya di film Kingdom of Heaven) tanpa jadi mengkultuskan Beliau.

No comments: