tag:

29 March 2009

SOUL MEN: Soul without a ‘Soul’



Title:
Soul Men

Director:
Malcolm D. Lee

Writers:
Robert Ramsey & Matthew Stone

Cast:
Samuel L. Jackson, Bernie Mac, Sharon Leal, John Legend, Isaac Hayes

Plot:
Two former backup soul singers, Louis (Samuel L. Jackson) and Floyd (Bernie Mac) who have not spoken to each other in 20 years reluctantly agree to travel across the country together to a reunion concert to honor their recently deceased lead singer (John Legend). Cleo (Sharon Leal), a beautiful young woman who is believed to be Floyd's daughter, accompanies them as a new singer.


Note:
Awalnya waktu liat judulnya aja, gue merasa film ini bakal ‘gue banget’. Apalagi ngeliat Samuel L Jackson bakal menjadi salah satu penyanyi soul, wah kayaknya bakal seru banget filmnya. Dan ternyata premisnya juga cukup menarik; penyanyi soul gaek yang ‘terpaksa’ melakukan come back. Bakalan asyik deh kayaknya.

Namun ternyata eskpektasi gue terlalu tinggi. Film yang gue harapkan sebagai drama berlatarkan musik, ternyata drama keluarga yang nyaris jatuh jadi drama komedi. Musik dan musisi soul lebih banyak jadi latar belakang aja. Andai diganti dengan musik hard rock pun kayaknya ngga bakal banyak pengaruh untuk ceritanya.

Plot dramanya pun kayaknya udah sering diangkat di banyak film. Dan ringan sekali. Tujuannya sih sepertinya memang hanya untuk hiburan aja.

Sekalipun dari sisi cerita ngga banyak yang bisa gue nikmatin, tapi dari sisi performance musik soul-nya, khususnya acting Samuel L Jackson, enak juga untuk diliat. Dari situ pun gue jadi inget bahwa penyanyi soul itu jarang banget yang good lookin’! :D Setau gue sih, penyanyi soul yang ganteng cuma Sam Cook dan Marvin Gaye aja. Jadinya boleh-boleh aja Samuel L Jackson dan Bernie Mac di-casting sebagai penyanyi soul.

Dan film ini bisa juga dijadikan sebagai memorial untuk Bernie Mac dan Isaac Hayes yang meninggal dunia ngga lama sebelum film ini dirilis.

No comments: