tag:

14 November 2011

iNAFFF 2011: Festival Film Bergengsi Kembali Digelar!



Sebuah festival film bisa bertahan tetap exist tak lain karena dukungan audience-nya. Begitulah kira-kira pesan yang disampaikan oleh Rusli “Sly” Eddy, direktur Indonesia International Fantastic Film Festival (iNAFFF), dalam bagian speech-nya pada pembukaan festival tersebut yang kali ini digelar untuk kelima kalinya mulai tanggal 11 November 2011 yang lalu. Berawal dari niat baik dan tekad untuk menyajikan film-film bergenre fantastik saat bioskop Indonesia dikepung oleh film-film horor sampah produksi “pedagang” film Indonesia, iNAFFF (dulu hadir pertama kali dengan nama ScreamFest Indo) telah menjadi festival film yang selalu ditunggu-tunggu oleh komunitas penggemar film genre fantastik di Indonesia.

Cara penyelenggaraan yang selalu cermat memancing hype di kalangan penggemarnya, tahun ini festival film genre fantastik satu-satunya di Asia Tenggara itu mencoba memperluas rangkulannya dengan mengundang 15 blogger film terpilih di Indonesia. Salah seorang dari 15 blogger tersebut, yang kebetulan memang penggemar iNAFFF, hadir di malam pembukaan jauh-jauh dari Pulau Bali!

Sebagian dari 15 blogger
Dalam pembukaan yang dihadiri oleh banyak filmmaker muda Indonesia ini juga diumumkan bahwa setelah tahun lalu tanpa tanpa film Indonesia satu pun, tahun 2011 ini iNAFFF kembali memutarkan film-film produksi Indonesia yaitu The Perfect House (sutradara: Affandi Abdul Rahman), antologi film-film pendek pemenang Fantastic Indonesian Short Film Competition (FISFiC) 6 volume 1 (produksi LifeLike Pictures), dan sebagai film penutup diputar The Raid (sutradara Gareth Huw Evans), yang gemilang di Toronto International Film Festival.

Penonton yang hadir (sebagian undangan, sebagian lagi beli tiket) terlihat berbondong-bondong memasuki Auditorium 2 Blitzmegaplex Grand Indonesia dengan panjang antriannya hampir sampai ke depan pintu toilet. Ribetnya antrian tersebut terobati dengan riuhnya pembagian hadiah di dalam auditorium. Dan opening ceremony menjadi semakin seru karena hadirin disuguhkan teaser trailer dari HI5TERIA (produksi Starvision Plus dan Upi Production) dan Modus Anomali (LifeLike Pictures) sebelum film utama diputar.

Undangan dan Antrian

Immortals dipilih menjadi film pembuka iNAFFF 2011 ini, selain karena bertepatan dengan rilis di seluruh dunia pada tanggal 11-11-11, mungkin juga karena film The Fall yang dibesut oleh sutradara yang sama, Tarsem Singh, pernah menjadi film penutup iNAFFF (ScreamFest Indo) tahun 2007.

iNAFFF digalang oleh pecinta film genre film fantastik untuk menjadi festival yang penuh kesenangan, dan apresiasi pecintanya mengusung festival tahunan ini menjadi festival bergengsi tanpa harus mengejar-ngejar gengsi. (Karto)

Trailer iNAFFF 2011


Trailer FISFiC 6 Vol.1


Teaser HI5TERIA

No comments: